Selamat Datang

Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2011/2012

Jalur Masuk.

Memasuki tahun akademik 2011/2012, STISI Telkom melakukan seleksi penerimaan mahasiswa baru secara bersama-sama dengan lembaga/institusi di bawah Yayasan Pendidikan Telkom yang tergabung dalam satu wadah SMBB Telkom 2011 (Seleksi Mahsiswa Baru Bersama Telkom 2011). Peserta yang dapat mengikuti seleksi ini adalah siswa SMA atau yang sederajat dari semua jurusan yang saat ini sedang duduk di klas 12 atau yang sudah lulus. Adapun jalur yang dapat diikuti oleh para peserta adalah

1) Ujian Tulis Gelombang 1(UTG 1) dan Ujian Tulis Gelombang 2 (UTG 2)

2) Ujian Saringan Masuk gelombang 1 (USM 1) dan Ujian Saringan Masuk gelombang 2 (USM 2)

3) Jalur Penelusuran Potensi Akademik (JPPA) yang terdiri dari

§ JPPA Nasional

§ JPPA OSN

§ JPPA Unggulan

Selain dari itu, STISI Telkom juga menjadi tempat tes masuk menjadi mahasiswa baru melalui Daily Computer Based Test yaitu tes masuk menjadi mahasiswa baru dengan bantuan Komputer. Setiap peserta yang mengikuti tes ini akan memperoleh hasil kelulusan secara real time / langsung, setelah selesai mengerjakan tes. Adapun lokasi tes model ini diselenggarakan di Kampus STISI Telkom, Jl Soekarno Hatta no 581 Bandung.

· Beasiswa

Pada tahun akademik 2011/2012, STISI Telkom memberikan beasiswa unggulan yaitu pembebasan seluruh biaya pendidikan selama masa studi ( 8 semester) kepada peserta berikut

1) Peserta yang menempati the best three (peringkat tiga terbaik) dari pilihan pertama di setiap program studi pada jalur UTG 1

2) Peserta yang dinyatakan lulus pada jalur JPPA Unggulan

Rincian jumlah mahasiswa yang akan menerima beasiswa unggulan pada tahun akademik 2011/2012 adalah

No

Program Studi

The Best Three UTG 1

Jalur JPPA Unggulan

1

S1 Desain Komunikasi Visual

3

4

2

S1 Desain Interior

3

4

3

S1 Desain Produk

3

5

4

S1 Kriya Tekstil dan Mode

3

4

5

S1 Seni Rupa Murni

3

5


Jumlah

15

22


Adapun ketentuan akademik bagi mahasiswa penerima beasiswa unggulan sebagai berikut:

  1. Pada semester-1, bebas dari semua Biaya Pendidikan;
  2. IPS (Indeks Prestasi Semester) minimal 3,50 pada setiap akhir semester;
  3. Jika IPS kurang dari 3,50 maka mahasiswa yang bersangkutan akan dikenakan denda pada semester berikutnya dengan ketentuan sebagai berikut: IPS antara 3,25 dan 3,500 membayar 25% BPP, IPS antara 3,00 dan 3,25 membayar 50 % BPP dan IPS kurang dari 3,00 membayar 100 % BPP
  1. Jika pada semester berikutnya mahasiswa yang bersangkutan kembali dapat mencapai IPS ≥ 3,50 maka mahasiswa tersebut DIBERIKAN LAGI pembebasan Biaya Pendidikan secara penuh.



· Biaya

Komponen biaya pendidikan STISI Telkom pada tahun akademik 2011/2012 terdiri dari

1) BPP (biaya Penyelenggaraan Pendidikan). Besar BPP Rp 5.500.000,- yang harus dibayarkan mahasiswa setiap semester dan tidak ada biaya lain lagi yang dibebankan kepada mahasiswa pada semester tersebut (biaya ini merupakan paket yang harus dibayarkan mahasiswa setiap semester – tidak ada biaya sks, praktikum, ujian dll).

2) UP3 (Uang Partisipasi Penyelenggaraan Pendidikan). Besar UP3 Rp 6.000.000,- yang dibayarkan sekali oleh mahasiswa baru di awal tahun (sekali selama pendidikan)

3) SDP2 (Sumbangan Dana Pengembangan Pendidikan). Besar SDP2 sangat tergantung dari jalur masuk dan hanya dibayarkan sekali oleh mahasiswa baru di awal tahun (sekali selama pendidikan

a. SDP2 bagi Jalur Non USM adalah n x Rp 1.000.000,- dengan n = 2,3,4,…dst

b. SDP2 bagi jalur USM adalah n x Rp 1.000.000,- dengan n = 15, 16, 17, …dst

4) TA (Tugas Akhir). Biaya TA Rp 1.000.000,- dan dibayarkan nanti pada saat melakukan sidang TA yaitu pada tahun ke empat (menjelang lulus).

· Cara Pendaftaran

Untuk melakukan pendaftaran guna mengikuti tes masuk di STISI Telkom (beberapa Jalur SMBB Telkom) maka silahkan klik www.smbbtelkom.ac.id/reg .

29 November 2010

Desain Grafis

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).


Seni disain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.

Batasan Media

Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia.

Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain. Desain grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.
<
Prinsip dan unsur desain

Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi ("proportion") dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.

Peralatan desain grafis

Peralatan yang digunakan oleh desainer grafis adalah ide, akal, mata, tangan, alat gambar tangan, dan komputer. Sebuah konsep atau ide biasanya tidak dianggap sebagai sebuah desain sebelum direalisasikan atau dinyatakan dalam bentuk visual.
Pada pertengahan 1980, kedatangan desktop publishing serta pengenalan sejumlah aplikasi perangkat lunak grafis memperkenalkan satu generasi desainer pada manipulasi image dengan komputer dan penciptaan image 3D yang sebelumnya adalah merupakan kerja yang susah payah. Desain grafis dengan komputer memungkinkan perancang untuk melihat hasil dari tata letak atau perubahan tipografi dengan seketika tanpa menggunakan tinta atau pena, atau untuk mensimulasikan efek dari media tradisional tanpa perlu menuntut banyak ruang.
Seorang perancang grafis menggunakan sketsa untuk mengeksplorasi ide-ide yang kompleks secara cepat, dan selanjutnya ia memiliki kebebasan untuk memilih alat untuk menyelesaikannya, dengan tangan atau komputer.

Daftar Software Desain Grafis

Ada beberapa software yang digunakan dalam desain grafis:

Desktop publishing
  • * Adobe Photoshop
  • * Adobe Illustrator
  • * Adobe Indesign
  • * Page Maker
  • * Coreldraw
  • * GIMP
  • * Inkscape
  • * Adobe Freehand
  • * Adobe image ready
  • * CorelDraw

Webdesign

* Macromedia Dreamweaver
* Microsoft Frontpage
* Notepad
* Adobe Photoshop

Audiovisual

  • * Adobe After Effect>
  • * Adobe Premier
  • * Final Cut
  • * Adobe Flash, atau sebelumnya Macromedia Flash
  • * Ulead Video Studio
  • * Magic Movie Edit Pro
  • < * Power Director

Rendering 3 Dimensi

  • * 3D StudioMax
  • * Maya
  • * AutoCad
  • * Google SketchUp
  • * Light Wave
  • * Blender
Sumber : Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar