Selamat Datang

Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2011/2012

Jalur Masuk.

Memasuki tahun akademik 2011/2012, STISI Telkom melakukan seleksi penerimaan mahasiswa baru secara bersama-sama dengan lembaga/institusi di bawah Yayasan Pendidikan Telkom yang tergabung dalam satu wadah SMBB Telkom 2011 (Seleksi Mahsiswa Baru Bersama Telkom 2011). Peserta yang dapat mengikuti seleksi ini adalah siswa SMA atau yang sederajat dari semua jurusan yang saat ini sedang duduk di klas 12 atau yang sudah lulus. Adapun jalur yang dapat diikuti oleh para peserta adalah

1) Ujian Tulis Gelombang 1(UTG 1) dan Ujian Tulis Gelombang 2 (UTG 2)

2) Ujian Saringan Masuk gelombang 1 (USM 1) dan Ujian Saringan Masuk gelombang 2 (USM 2)

3) Jalur Penelusuran Potensi Akademik (JPPA) yang terdiri dari

§ JPPA Nasional

§ JPPA OSN

§ JPPA Unggulan

Selain dari itu, STISI Telkom juga menjadi tempat tes masuk menjadi mahasiswa baru melalui Daily Computer Based Test yaitu tes masuk menjadi mahasiswa baru dengan bantuan Komputer. Setiap peserta yang mengikuti tes ini akan memperoleh hasil kelulusan secara real time / langsung, setelah selesai mengerjakan tes. Adapun lokasi tes model ini diselenggarakan di Kampus STISI Telkom, Jl Soekarno Hatta no 581 Bandung.

· Beasiswa

Pada tahun akademik 2011/2012, STISI Telkom memberikan beasiswa unggulan yaitu pembebasan seluruh biaya pendidikan selama masa studi ( 8 semester) kepada peserta berikut

1) Peserta yang menempati the best three (peringkat tiga terbaik) dari pilihan pertama di setiap program studi pada jalur UTG 1

2) Peserta yang dinyatakan lulus pada jalur JPPA Unggulan

Rincian jumlah mahasiswa yang akan menerima beasiswa unggulan pada tahun akademik 2011/2012 adalah

No

Program Studi

The Best Three UTG 1

Jalur JPPA Unggulan

1

S1 Desain Komunikasi Visual

3

4

2

S1 Desain Interior

3

4

3

S1 Desain Produk

3

5

4

S1 Kriya Tekstil dan Mode

3

4

5

S1 Seni Rupa Murni

3

5


Jumlah

15

22


Adapun ketentuan akademik bagi mahasiswa penerima beasiswa unggulan sebagai berikut:

  1. Pada semester-1, bebas dari semua Biaya Pendidikan;
  2. IPS (Indeks Prestasi Semester) minimal 3,50 pada setiap akhir semester;
  3. Jika IPS kurang dari 3,50 maka mahasiswa yang bersangkutan akan dikenakan denda pada semester berikutnya dengan ketentuan sebagai berikut: IPS antara 3,25 dan 3,500 membayar 25% BPP, IPS antara 3,00 dan 3,25 membayar 50 % BPP dan IPS kurang dari 3,00 membayar 100 % BPP
  1. Jika pada semester berikutnya mahasiswa yang bersangkutan kembali dapat mencapai IPS ≥ 3,50 maka mahasiswa tersebut DIBERIKAN LAGI pembebasan Biaya Pendidikan secara penuh.



· Biaya

Komponen biaya pendidikan STISI Telkom pada tahun akademik 2011/2012 terdiri dari

1) BPP (biaya Penyelenggaraan Pendidikan). Besar BPP Rp 5.500.000,- yang harus dibayarkan mahasiswa setiap semester dan tidak ada biaya lain lagi yang dibebankan kepada mahasiswa pada semester tersebut (biaya ini merupakan paket yang harus dibayarkan mahasiswa setiap semester – tidak ada biaya sks, praktikum, ujian dll).

2) UP3 (Uang Partisipasi Penyelenggaraan Pendidikan). Besar UP3 Rp 6.000.000,- yang dibayarkan sekali oleh mahasiswa baru di awal tahun (sekali selama pendidikan)

3) SDP2 (Sumbangan Dana Pengembangan Pendidikan). Besar SDP2 sangat tergantung dari jalur masuk dan hanya dibayarkan sekali oleh mahasiswa baru di awal tahun (sekali selama pendidikan

a. SDP2 bagi Jalur Non USM adalah n x Rp 1.000.000,- dengan n = 2,3,4,…dst

b. SDP2 bagi jalur USM adalah n x Rp 1.000.000,- dengan n = 15, 16, 17, …dst

4) TA (Tugas Akhir). Biaya TA Rp 1.000.000,- dan dibayarkan nanti pada saat melakukan sidang TA yaitu pada tahun ke empat (menjelang lulus).

· Cara Pendaftaran

Untuk melakukan pendaftaran guna mengikuti tes masuk di STISI Telkom (beberapa Jalur SMBB Telkom) maka silahkan klik www.smbbtelkom.ac.id/reg .

29 November 2010

S1 Desain Produk

Ajarkan Seni dengan Pendekatan Teknologi dan Manusiawi

Kamu barangkali sudah mengetahui bahwa di era globalisasi dan ekonomi kreatif sekarang ini, kemampuan mengemas secara menarik sebuah produk menjadi tuntutan utama untuk memenangkan persaingan yang sangat ketat. Contoh paling gampang, lihat saja perbedaan minuman soda produk Amerika dengan limun yang dijual di depan sekolah dasar adik kamu.


Selain rasa, hal yang paling membedakan keduanya adalah kemasan, yang satu digarap serius dan yang lain alakadarnya. Padahal, kemasan terkait erat dengan citra produk yang ditawarkan.
Ajarkan Banyak Kelebihan
Bisa mendesain kemasan sebuah produk sehingga berfungsi maksimal sekaligus bercita rasa seni tinggi adalah salah satu kemampuan yang diajarkan program studi (prodi) S-1 Desain Produk STISI Telkom (Sekolah Tinggi Seni dan Desain Indonesia Telkom). Berdiri tahun 1990, prodi ini bertujuan mencetak sarjana desain yang profesional dan memiliki kemampuan berwirausaha di industri kreatif berlandaskan kecerdasan kreatif di bidang desain produk melalui penguasaan teori dan teknologi.
Kamu mungkin bertanya-tanya, apa sih yang membedakan S-1 Desain Produk STISI Telkom dengan prodi sejenis di perguruan tinggi lain? Ini dia keunggulannya, di prodi S-1 Desain Produk STISI Telkom kamu bakal diajarkan untuk memiliki kecerdasan kreatif, menguasai teori, teknologi, dan seni visual.
Selain itu, kamu akan dibekali pula ilmu pemahaman manusia sebagai pengguna atau konsumen dengan pendekatan estetika, ergonomi, teknologi, sosial, dan budaya. Dengan begitu, kamu akan mampu merancang produk yang aman, nyaman, memiliki nila estetika, bernilai jual, serta menguasai teknik dan mekanik yang inovatif dalam proses produksi. Pokoknya, komplit dech kemampuan yang akan kamu dapatkan jika kuliah di prodi S-1 Desain Produk STISI Telkom.

Bisa Bekerja di Banyak Bidang
Alhasil dengan bekal berbagai ilmu itu, sebagai lulusan S-1 Desain Produk STISI Telkom, kamu bisa berkarier di banyak bidang selain menjadi wirausahawan desain yang mampu menciptakan lapangan kerja baru. Sebuat saja misalnya kamu dapat bekerja sebagai Industrial Design Researcher, desainer produk, 3D Modelling Artist, Manajer Riset dan Pengembangan pada pusat riset serta industri otomotif, mainan, furnitur, keuangan, transportasi, hingga telekomunikasi.
Bahkan instansi pemerintah terkait sangat membutuhkan jasa lulusan Desain Produk untuk mendesain kemasan produk yang dihasilkan para perajin makanan atau kerajinan rakyat yang selama ini cenderung dikemas apa adanya sehingga menjadi produk yang memiliki daya tarik dan nilai jual yang jauh lebih baik.

Gampang Diterima Masyarakat
STISI Telkom memberikan ruang khusus dalam pembentukan pola pikir kreatif pada setiap lulusannya yang sangat kental ditampilkan melalui penciptaan karya unggulan. Ini yang membuat lulusannya mudah diterima dunia profesi dan masyarakat.

Guys, pernyataan ini nggak main-main lho, sebab diungkapkan Damang Sarumpaet, alumnus S-1 Desain Produk STISI Telkom tahun 1996, Ketua IAS (Ikatan Alumni STISI), CEO and Founder The Design Tension, serta mantan Manajer Pengembangan Desain Nasional di Pusat Desain Nasional Departemen Perindustrian dan Perdagangan.

Artinya, kamu boleh menyandarkan masa depan dengan kuliah di prodi S-1 Desain Produk STISI Telkom. Artinya lagi, buruan dech kamu gabung di sini.

2 komentar:

  1. kalau desain produk itu kuota mahasiswanya sekarang berapa kak ?

    BalasHapus
  2. klo di STISI bisa belajar tentang desain transportasi ga? soalnya pas baca di brosur cuma ngasih tahu tentang desain produk yg berhubungan tentang ICT doag

    BalasHapus