Selamat Datang

Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2011/2012

Jalur Masuk.

Memasuki tahun akademik 2011/2012, STISI Telkom melakukan seleksi penerimaan mahasiswa baru secara bersama-sama dengan lembaga/institusi di bawah Yayasan Pendidikan Telkom yang tergabung dalam satu wadah SMBB Telkom 2011 (Seleksi Mahsiswa Baru Bersama Telkom 2011). Peserta yang dapat mengikuti seleksi ini adalah siswa SMA atau yang sederajat dari semua jurusan yang saat ini sedang duduk di klas 12 atau yang sudah lulus. Adapun jalur yang dapat diikuti oleh para peserta adalah

1) Ujian Tulis Gelombang 1(UTG 1) dan Ujian Tulis Gelombang 2 (UTG 2)

2) Ujian Saringan Masuk gelombang 1 (USM 1) dan Ujian Saringan Masuk gelombang 2 (USM 2)

3) Jalur Penelusuran Potensi Akademik (JPPA) yang terdiri dari

§ JPPA Nasional

§ JPPA OSN

§ JPPA Unggulan

Selain dari itu, STISI Telkom juga menjadi tempat tes masuk menjadi mahasiswa baru melalui Daily Computer Based Test yaitu tes masuk menjadi mahasiswa baru dengan bantuan Komputer. Setiap peserta yang mengikuti tes ini akan memperoleh hasil kelulusan secara real time / langsung, setelah selesai mengerjakan tes. Adapun lokasi tes model ini diselenggarakan di Kampus STISI Telkom, Jl Soekarno Hatta no 581 Bandung.

· Beasiswa

Pada tahun akademik 2011/2012, STISI Telkom memberikan beasiswa unggulan yaitu pembebasan seluruh biaya pendidikan selama masa studi ( 8 semester) kepada peserta berikut

1) Peserta yang menempati the best three (peringkat tiga terbaik) dari pilihan pertama di setiap program studi pada jalur UTG 1

2) Peserta yang dinyatakan lulus pada jalur JPPA Unggulan

Rincian jumlah mahasiswa yang akan menerima beasiswa unggulan pada tahun akademik 2011/2012 adalah

No

Program Studi

The Best Three UTG 1

Jalur JPPA Unggulan

1

S1 Desain Komunikasi Visual

3

4

2

S1 Desain Interior

3

4

3

S1 Desain Produk

3

5

4

S1 Kriya Tekstil dan Mode

3

4

5

S1 Seni Rupa Murni

3

5


Jumlah

15

22


Adapun ketentuan akademik bagi mahasiswa penerima beasiswa unggulan sebagai berikut:

  1. Pada semester-1, bebas dari semua Biaya Pendidikan;
  2. IPS (Indeks Prestasi Semester) minimal 3,50 pada setiap akhir semester;
  3. Jika IPS kurang dari 3,50 maka mahasiswa yang bersangkutan akan dikenakan denda pada semester berikutnya dengan ketentuan sebagai berikut: IPS antara 3,25 dan 3,500 membayar 25% BPP, IPS antara 3,00 dan 3,25 membayar 50 % BPP dan IPS kurang dari 3,00 membayar 100 % BPP
  1. Jika pada semester berikutnya mahasiswa yang bersangkutan kembali dapat mencapai IPS ≥ 3,50 maka mahasiswa tersebut DIBERIKAN LAGI pembebasan Biaya Pendidikan secara penuh.



· Biaya

Komponen biaya pendidikan STISI Telkom pada tahun akademik 2011/2012 terdiri dari

1) BPP (biaya Penyelenggaraan Pendidikan). Besar BPP Rp 5.500.000,- yang harus dibayarkan mahasiswa setiap semester dan tidak ada biaya lain lagi yang dibebankan kepada mahasiswa pada semester tersebut (biaya ini merupakan paket yang harus dibayarkan mahasiswa setiap semester – tidak ada biaya sks, praktikum, ujian dll).

2) UP3 (Uang Partisipasi Penyelenggaraan Pendidikan). Besar UP3 Rp 6.000.000,- yang dibayarkan sekali oleh mahasiswa baru di awal tahun (sekali selama pendidikan)

3) SDP2 (Sumbangan Dana Pengembangan Pendidikan). Besar SDP2 sangat tergantung dari jalur masuk dan hanya dibayarkan sekali oleh mahasiswa baru di awal tahun (sekali selama pendidikan

a. SDP2 bagi Jalur Non USM adalah n x Rp 1.000.000,- dengan n = 2,3,4,…dst

b. SDP2 bagi jalur USM adalah n x Rp 1.000.000,- dengan n = 15, 16, 17, …dst

4) TA (Tugas Akhir). Biaya TA Rp 1.000.000,- dan dibayarkan nanti pada saat melakukan sidang TA yaitu pada tahun ke empat (menjelang lulus).

· Cara Pendaftaran

Untuk melakukan pendaftaran guna mengikuti tes masuk di STISI Telkom (beberapa Jalur SMBB Telkom) maka silahkan klik www.smbbtelkom.ac.id/reg .

21 November 2010

S1 Desain Komunikasi Visual - STISI Telkom

Menuai Banyak Prestasi Berkilau

Merasa mempunyai energi kreatif meluap, sekaligus ingin terjun di dunia industri kreatif yang sekarang sedang booming? Program studi (prodi) S-1 Desain Komunikasi Visual (DKV) Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI TELKOM) yang berdiri sejak tahun 1990 adalah pilihan tepat buat kamu. Kenapa?

Tonjolkan Seni Budaya Nusantara

Ya, lantaran prodi ini didirikan dengan tujuan mencetak para sarjana Desain Komunikasi Visual yang profesional dan memiliki kemampuan berwirausaha di bidang industri kreatif. Tentunya untuk itu, kamu mesti memiliki kecerdasan dan kemampuan kreatif dalam mengantisipasi serta memecahkan masalah di bidang komunikasi visual untuk kemudian mengolahnya ke dalam beragam kebutuhan desain.

Dibandingkan program studi sejenis di perguruan tinggi lain, S-1 Desain Komunikasi Visual STISI TELKOM mempunyai keunggulan dalam hal invensi dan inovasi pribadi serta profesionalisme untuk mengedepankan rupa budaya nusantara ke dalam bentuk Desain Grafis (Graphic Design), Multimedia Kreatif (Creative Multimedia), dan Komunikasi Visual Periklanan (Creative Advertising).

Karenanya, tak mengherankan jika karier di bidang Advertising, Creative Boutique, Multimedia, Printed Media, dan Event Organizer, maupun sebagai Profesional Designer kerap menghampiri alumni S-1 Desain Komunikasi Visual STISI TELKOM, bahkan sejak mereka masih duduk di bangku kuliah.

Karya Lulusannya Tersebar Luas

Perlu kamu tahu, jasa dan karya lulusan S-1 Desain Komunikasi Visual STISI TELKOM telah banyak mengisi production house, creative house, advertising agency, konsultan, studio animasi ternama, serta hampir semua stasiun televisi nasional. Di bidang Advertising, peluang karir terbuka lebar, di antaranya menjadi Post Production Specialist, Video Editor, Creative House, Art & Creative Studio, Advertising Agency, Interactive & Digital TV / Film Making, TV Commercial & Production, Electronic Media (TV, Radio). Di bidang Creative Boutique, di antaranya Graphic/Packaging, Design Studio/Consultant, Café-Department Store-Shopping Mall, Greeting Card Designer, (Comic) Illustrator, Production Artist, Windows Display Artist, Merchandise Industry, Digital Photography Industry. Sedangkan di bidang Multimedia Web/Game/Motion/Interactive Multimedia, 2D/3D Animator, Production House, Interactive Multimedia Company, Digital Media & Broadcasting, Digital Recording, Computer Games, Internet, Digital Media, Disc Based Media Production, Digital Content Development & Publishing, Multimedia Content, Interactive Leisure Software, E-Commerce Industry. Dan di bidang Printed Media seperti Visual Journalist, Editorial Designer, Paper & Ink Manufacturer, Printing & Publishing House, dan Printed Media. Di bidang Event Organizer (Event Organizer for MICE Industry (Meeting, Incentive, Convention/Conference, Exhibition), Creative Artists, Final Artwork Artist. Sedangkan di bidang Professional (Marketing Consultancy / Research, Direct Marketing, Promotion / Media Consultant, Public Relation, Professional Photographer / Comics Artist / Illustrator).

Itu belum termasuk perusahaan-perusahaan besar semacam bank, perminyakan, pertambangan, dan instansi bergengsi lain yang juga turut menggunakan jasa mereka. Ini alasan lain kenapa kamu pantas mempertimbangkan program studi S-1 Desain Komunikasi Visual STISI TELKOM sebagai tempat kuliah pilihan.

Eka Sofyan Rizal, adalah salah satu alumni STISI TELKOM dari Angkatan 1991 yang telah banyak malang melintang berprestasi dan berkarya di industri kreatif Indonesia, antara lain menjadi pemenang Lomba Logo Nasional: ASI Ekslusif Departemen Kesehatan (2004), Lomba Logo Nasional Kepariwisataan Jabar (2004), Lomba Desain Poster Nasional pada Hari Kesetiakawanan Nasional Indonesia (2007). Dipercaya menjadi Ketua Forum Desain Grafis Indonesia (FDGI), serta menjadi Direktur serta Desainer PAPRIEKA Studio Desain Grafis Jakarta sejak 2005. Menurutnya, beragam prestasi yang diperolehnya, salahsatunya merupakan hasil suasana perkuliahan di STISI TELKOM yang mendukung kebebasan untuk mengembangkan ilmu, mengeksplorasi makna desain dan seni.

Beragam Wawasan Teori dan Banyak Praktek Keahlian

Terkait kegiatan perkuliahan, mahasiswa S-1 Desain Komunikasi Visual STISI TELKOM selain mendapatkan berbagai teori berkaitan dengan ilmu seni rupa dan desain, serta berbagai ilmu pendukungnya mulai dari bidang ilmu sosial hingga bisnis dan wirausaha, juga beragam tugas praktek di studio gambar dan desain, serta laboratorium komputer, juga praktek bisnis dan wirausaha, untuk dapat memaksimalkan potensi kreatif kamu.

Untuk mendukung hal itu, kampus STISI TELKOM dilengkapi sarana penunjang berupa area hotspot / wifi, studio gambar dan desain, lab computer, perpustakaan, unit kegiatan mahasiswa, dan training center. So, kamu benar-benar bisa menumpahkan semua kreativitas di sana.

Dosennya Praktisi – Akademisi

Dari sisi pengajar, dosen-dosen prodi S-1 Desain Komunikasi Visual STISI TELKOM merupakan praktisi dan akademisi mumpuni di bidangnya yang bakal membimbing kamu mencapai kreativitas tertinggi. Alhasil, kamu sebagai lulusannya bakal benar-benar memiliki keahlian istimewa untuk memadukan aspek teknis dan bisnis dalam sebuah desain komunikasi visual sekaligus mampu bekerja sama secara tim guna bersaing di era industri kreatif.

IMAGI Sang Mediasi

Dalam kiprahnya, mahasiswa dan lulusan S-1 Desain Komunikasi Visual STISI TELKOM amat menyadari pentingnya networking. Mengakomodasi kepentingan lembaga, mahasiswa, alumni, dan pengguna jasa, maka himpunan mahasiswa bernama IMAGI (Ikatan Mahasiswa Desain Grafis) menjadi jawabannya. IMAGI menjalin jaringan antar sesama mahasiswa S-1 Desain Komunikasi Visual STISI TELKOM, dan juga dengan para mahasiswa Desain Grafis atau Desain Komunikasi Visual seluruh Indonesia melalui kegiatan rutin tahunannya KMDGI (Kriyasana Mahasiswa Desain Grafis Indonesia). Peluang kerja, informasi pekerjaan, proyek, pengembangan bidang desain komunikasi visual, ilmu baru, dan sebagainya bisa didapat melalui IMAGI.

Bertaburan Prestasi

Selain ikatan dan jaringan yang kuat, prestasi yang diraih dari berbagai kompetisi adalah cerita lain prodi S-1 Desain Komunikasi Visual STISI TELKOM yang perlu kamu cermati buat bahan pertimbangan menentukan pilihan melanjutkan studi. Tercatat dari tahun ke tahun, khususnya tahun 2005 hingga 2008, program studi ini menyabet Juara Desain Logo Ulang Tahun KAA (Konferensi Asia Afrika) 2005, Juara II dan III Lomba Rancang Logo ASI Departemen Kesehatan RI 2005, Juara Lomba Logo Penamaan MTQ Tingkat Riau XXV Tahun 2006, Juara I dan II Lomba Adikreasi Kategori Desain Kemasan Makanan Khas Jawa Barat pada Jabar Grafika Expo Tahun 2007, Juara I dan II Lomba Desain Kemasan pada Festival Keanekaragaman Makanan Khas Jawa Barat yang diselenggarakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Agro Provinsi Jabar 2008, dan 10 Besar Pemenang Animation Contest pada Cimahi Creative Contest 2010.

Pendek kata, potensi dan prestasi mahasiswanya mencorong, prospek kerja dan bidang wirausaha alumni prodi S-1 Desain Komunikasi Visual STISI TELKOM pun kinclong.

1 komentar:

  1. mantap.... saya Mahasiswi baru 2012 STISI TELKOM-DKV insyaallah

    BalasHapus