Selamat Datang

Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2011/2012

Jalur Masuk.

Memasuki tahun akademik 2011/2012, STISI Telkom melakukan seleksi penerimaan mahasiswa baru secara bersama-sama dengan lembaga/institusi di bawah Yayasan Pendidikan Telkom yang tergabung dalam satu wadah SMBB Telkom 2011 (Seleksi Mahsiswa Baru Bersama Telkom 2011). Peserta yang dapat mengikuti seleksi ini adalah siswa SMA atau yang sederajat dari semua jurusan yang saat ini sedang duduk di klas 12 atau yang sudah lulus. Adapun jalur yang dapat diikuti oleh para peserta adalah

1) Ujian Tulis Gelombang 1(UTG 1) dan Ujian Tulis Gelombang 2 (UTG 2)

2) Ujian Saringan Masuk gelombang 1 (USM 1) dan Ujian Saringan Masuk gelombang 2 (USM 2)

3) Jalur Penelusuran Potensi Akademik (JPPA) yang terdiri dari

§ JPPA Nasional

§ JPPA OSN

§ JPPA Unggulan

Selain dari itu, STISI Telkom juga menjadi tempat tes masuk menjadi mahasiswa baru melalui Daily Computer Based Test yaitu tes masuk menjadi mahasiswa baru dengan bantuan Komputer. Setiap peserta yang mengikuti tes ini akan memperoleh hasil kelulusan secara real time / langsung, setelah selesai mengerjakan tes. Adapun lokasi tes model ini diselenggarakan di Kampus STISI Telkom, Jl Soekarno Hatta no 581 Bandung.

· Beasiswa

Pada tahun akademik 2011/2012, STISI Telkom memberikan beasiswa unggulan yaitu pembebasan seluruh biaya pendidikan selama masa studi ( 8 semester) kepada peserta berikut

1) Peserta yang menempati the best three (peringkat tiga terbaik) dari pilihan pertama di setiap program studi pada jalur UTG 1

2) Peserta yang dinyatakan lulus pada jalur JPPA Unggulan

Rincian jumlah mahasiswa yang akan menerima beasiswa unggulan pada tahun akademik 2011/2012 adalah

No

Program Studi

The Best Three UTG 1

Jalur JPPA Unggulan

1

S1 Desain Komunikasi Visual

3

4

2

S1 Desain Interior

3

4

3

S1 Desain Produk

3

5

4

S1 Kriya Tekstil dan Mode

3

4

5

S1 Seni Rupa Murni

3

5


Jumlah

15

22


Adapun ketentuan akademik bagi mahasiswa penerima beasiswa unggulan sebagai berikut:

  1. Pada semester-1, bebas dari semua Biaya Pendidikan;
  2. IPS (Indeks Prestasi Semester) minimal 3,50 pada setiap akhir semester;
  3. Jika IPS kurang dari 3,50 maka mahasiswa yang bersangkutan akan dikenakan denda pada semester berikutnya dengan ketentuan sebagai berikut: IPS antara 3,25 dan 3,500 membayar 25% BPP, IPS antara 3,00 dan 3,25 membayar 50 % BPP dan IPS kurang dari 3,00 membayar 100 % BPP
  1. Jika pada semester berikutnya mahasiswa yang bersangkutan kembali dapat mencapai IPS ≥ 3,50 maka mahasiswa tersebut DIBERIKAN LAGI pembebasan Biaya Pendidikan secara penuh.



· Biaya

Komponen biaya pendidikan STISI Telkom pada tahun akademik 2011/2012 terdiri dari

1) BPP (biaya Penyelenggaraan Pendidikan). Besar BPP Rp 5.500.000,- yang harus dibayarkan mahasiswa setiap semester dan tidak ada biaya lain lagi yang dibebankan kepada mahasiswa pada semester tersebut (biaya ini merupakan paket yang harus dibayarkan mahasiswa setiap semester – tidak ada biaya sks, praktikum, ujian dll).

2) UP3 (Uang Partisipasi Penyelenggaraan Pendidikan). Besar UP3 Rp 6.000.000,- yang dibayarkan sekali oleh mahasiswa baru di awal tahun (sekali selama pendidikan)

3) SDP2 (Sumbangan Dana Pengembangan Pendidikan). Besar SDP2 sangat tergantung dari jalur masuk dan hanya dibayarkan sekali oleh mahasiswa baru di awal tahun (sekali selama pendidikan

a. SDP2 bagi Jalur Non USM adalah n x Rp 1.000.000,- dengan n = 2,3,4,…dst

b. SDP2 bagi jalur USM adalah n x Rp 1.000.000,- dengan n = 15, 16, 17, …dst

4) TA (Tugas Akhir). Biaya TA Rp 1.000.000,- dan dibayarkan nanti pada saat melakukan sidang TA yaitu pada tahun ke empat (menjelang lulus).

· Cara Pendaftaran

Untuk melakukan pendaftaran guna mengikuti tes masuk di STISI Telkom (beberapa Jalur SMBB Telkom) maka silahkan klik www.smbbtelkom.ac.id/reg .

21 November 2010

S-1 Seni Rupa Murni STISI TELKOM

Membuka Diri Pada Seni, Ilmu Pengetahuan, dan Teknologi

Apa itu Seni Rupa Murni? Mungkin itu salah satu pertanyaan yang muncul di benak kamu ketika ingin mengetahui lebih jauh program studi (prodi) S-1 Seni Rupa Murni STISI TELKOM (Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom). Betulkah pendapat bahwa seni murni adalah seni rupa yang mengutamakan fungsi keindahan hanya untuk dinikmati nilai atau mutu seninya dengan indra penglihatan? Benarkah pandangan umum selama ini bahwa para perupa identik dengan sekelompok seniman yang berpenampilan unik, senang berkomunikasi dengan karya bukan dengan kata-kata, dan selalu melawan arus?

Bekal Jadi Seniman Besar

Seniman adalah ilmuwan di bidangnya. Oleh karena itu, latar belakang pendidikan formal bagi seniman sangatlah penting, sebagai modal dasar profesi yang digelutinya. Dengan latar belakang pendidikan S-1 Seni Rupa Murni di STISI, saya merasa bangga dan optimis bisa menjadi seniman besar Indonesia, ...” Demikian diungkapkan Muhammad Iconk Faisal, alumnus S-1 Seni Rupa Murni STISI TELKOM tahun 1996. Iconk tak main-main, lantaran berbagai prestasi sudah ditorehkannya. Sebut saja di antaranya pelukis dan Head of Art Representative di T Art Space Ubud-Bali, berkarya nyata melalui 50 kali pameran bersama beberapa maestro lukis Indonesia serta 6 kali pameran tunggal di berbagai kota, galeri, hotel, dan kampus. Ia pun aktif mengerjakan proyek interior, visual art berupa craft, mural, lukisan dom di Kapal Penumpang PELNI, Wisma Bakrie, Bank Jabar. Juga pernah menjadi finalis Pekan Seni Nasional 1997, Indonesian Asian Award 2003, mewakili Indonesia untuk Alternative Residence di Vermont Art Studio New York-Amerika Serikat 2008/9, serta sederet aktivitas seni lainnya.

Jalur pendidikan formal yang menjadi bekal Iconk dalam menggapai cita-citanya menjadi seniman besar Indonesia diperoleh dari program studi S-1 Seni Rupa Murni STISI TELKOM. Jika kamu ingin seperti Iconk, lantaran merasa mempunyai bakat di bidang seni sekaligus ingin memperkuatnya dengan pendidikan formal, so pasti prodi S-1 Seni Rupa Murni STISI TELKOM pilihan terbaik untuk merealisasikan mimpi kamu itu.

Profesinya Amat Luas

Pasalnya, prodi S-1 Seni Rupa Murni STISI TELKOM didirikan dengan tujuan menghasilkan sarjana seni yang profesional dan berwawasan keilmuan seni yang mampu menjawab tantangan kekinian, di samping itu dibekali pula dengan kemampuan memiliki kemampuan berwirausaha di industri kreatif berlandaskan kecerdasan kreatif, inovatif dan progresif, dalam memecahkan permasalahan di bidang seni rupa murni.

Profesi yang bisa dikerjakan seorang seniman sekaligus sarjana seni rupa murni di antaranya Professional Artist / Mural Artist / Exhibition Artist, Cover / Comic Illustrator, 3D Consultant, Art Educator / Instructor, Pemikir / Pengamat Seni, Ahli Manajemen Seni, Kurator / Pengulas, Penata Estetika Lingkungan, Art & Antiques Market, Craft Industry (Textiles, Ceramics, Jewelry, Metal, Glass), Performing Arts, TV – Broadcasting - Cinematography Industry, Estates – Banking – Corporate – Insurance – Law – Tourism – Security – Other Services Industry, Management of Venues (Theatres, Halls, Places of Public Entertainments), Fine Art & Antiques Auctions, Painting & Sculpture Collectibles, Metalwork Workshop, Fairs & Exhibitions, Shipping, Management (Museum, Galleries, Fine Arts), Presses and Institutions, Gallery Owner – Curator – Director, Art Critic, Art Writer, Art Preservation & Conservation Specialist, Artistic Program Administrator, Art Historian, Archive Manager, Architectural Renderer, Art Administrative Assistant, Restoration, Printing & Photography, Art & Creative Studios, Craft Magazines & Books, Merchandise Industry, Costume Design, Pubs & Restaurants, Festival Management, Art Association Director, serta Set Director.

Begitu luasnya profesi yang bisa ditekuni alumni prodi S-1 Seni Rupa Murni STISI TELKOM, bakal membuat kamu memiliki banyak alternatif dalam menentukan profesi yang paling pas.

“Hawa Semu” Tempat Bertukar Ilmu

Perlu kamu ketahui, Seni Rupa Murni bukan aliran seni rupa yang menutup diri dari pengaruh ilmu pengetahuan dan teknologi, tapi seni yang sangat terbuka dalam menerima berbagai masukan diluar bidang keilmuannya. Keterbukaan terhadap ilmu seni lainnya, ilmu pengetahuan, dan teknologi antara lain diwujudkan para mahasiswa prodi S-1 Seni Rupa Murni STISI TELKOM dalam Hawa Semu (Himpunan Mahasiswa Seni Murni).

Ini tempat mereka bertukar pendapat, berdiskusi, dan mencari informasi tentang perkembangan seni terkini, informasi pameran, peluang pekerjaan, informasi proyek, serta menguatkan ikatan persaudaraan dan jaringan. Tertarikkah kamu?!

1 komentar:

  1. Menarik sekali membaca tulisan bapak. Selain informatif juga memberikan wawasan tambahan bagi para lulusan SMA/ SMK yang sedang mencari perguruan tinggi untuk melanjutkan studi. Tetap semangat dan maju terus,pak. Salam.

    BalasHapus