Selamat Datang

Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2011/2012

Jalur Masuk.

Memasuki tahun akademik 2011/2012, STISI Telkom melakukan seleksi penerimaan mahasiswa baru secara bersama-sama dengan lembaga/institusi di bawah Yayasan Pendidikan Telkom yang tergabung dalam satu wadah SMBB Telkom 2011 (Seleksi Mahsiswa Baru Bersama Telkom 2011). Peserta yang dapat mengikuti seleksi ini adalah siswa SMA atau yang sederajat dari semua jurusan yang saat ini sedang duduk di klas 12 atau yang sudah lulus. Adapun jalur yang dapat diikuti oleh para peserta adalah

1) Ujian Tulis Gelombang 1(UTG 1) dan Ujian Tulis Gelombang 2 (UTG 2)

2) Ujian Saringan Masuk gelombang 1 (USM 1) dan Ujian Saringan Masuk gelombang 2 (USM 2)

3) Jalur Penelusuran Potensi Akademik (JPPA) yang terdiri dari

§ JPPA Nasional

§ JPPA OSN

§ JPPA Unggulan

Selain dari itu, STISI Telkom juga menjadi tempat tes masuk menjadi mahasiswa baru melalui Daily Computer Based Test yaitu tes masuk menjadi mahasiswa baru dengan bantuan Komputer. Setiap peserta yang mengikuti tes ini akan memperoleh hasil kelulusan secara real time / langsung, setelah selesai mengerjakan tes. Adapun lokasi tes model ini diselenggarakan di Kampus STISI Telkom, Jl Soekarno Hatta no 581 Bandung.

· Beasiswa

Pada tahun akademik 2011/2012, STISI Telkom memberikan beasiswa unggulan yaitu pembebasan seluruh biaya pendidikan selama masa studi ( 8 semester) kepada peserta berikut

1) Peserta yang menempati the best three (peringkat tiga terbaik) dari pilihan pertama di setiap program studi pada jalur UTG 1

2) Peserta yang dinyatakan lulus pada jalur JPPA Unggulan

Rincian jumlah mahasiswa yang akan menerima beasiswa unggulan pada tahun akademik 2011/2012 adalah

No

Program Studi

The Best Three UTG 1

Jalur JPPA Unggulan

1

S1 Desain Komunikasi Visual

3

4

2

S1 Desain Interior

3

4

3

S1 Desain Produk

3

5

4

S1 Kriya Tekstil dan Mode

3

4

5

S1 Seni Rupa Murni

3

5


Jumlah

15

22


Adapun ketentuan akademik bagi mahasiswa penerima beasiswa unggulan sebagai berikut:

  1. Pada semester-1, bebas dari semua Biaya Pendidikan;
  2. IPS (Indeks Prestasi Semester) minimal 3,50 pada setiap akhir semester;
  3. Jika IPS kurang dari 3,50 maka mahasiswa yang bersangkutan akan dikenakan denda pada semester berikutnya dengan ketentuan sebagai berikut: IPS antara 3,25 dan 3,500 membayar 25% BPP, IPS antara 3,00 dan 3,25 membayar 50 % BPP dan IPS kurang dari 3,00 membayar 100 % BPP
  1. Jika pada semester berikutnya mahasiswa yang bersangkutan kembali dapat mencapai IPS ≥ 3,50 maka mahasiswa tersebut DIBERIKAN LAGI pembebasan Biaya Pendidikan secara penuh.



· Biaya

Komponen biaya pendidikan STISI Telkom pada tahun akademik 2011/2012 terdiri dari

1) BPP (biaya Penyelenggaraan Pendidikan). Besar BPP Rp 5.500.000,- yang harus dibayarkan mahasiswa setiap semester dan tidak ada biaya lain lagi yang dibebankan kepada mahasiswa pada semester tersebut (biaya ini merupakan paket yang harus dibayarkan mahasiswa setiap semester – tidak ada biaya sks, praktikum, ujian dll).

2) UP3 (Uang Partisipasi Penyelenggaraan Pendidikan). Besar UP3 Rp 6.000.000,- yang dibayarkan sekali oleh mahasiswa baru di awal tahun (sekali selama pendidikan)

3) SDP2 (Sumbangan Dana Pengembangan Pendidikan). Besar SDP2 sangat tergantung dari jalur masuk dan hanya dibayarkan sekali oleh mahasiswa baru di awal tahun (sekali selama pendidikan

a. SDP2 bagi Jalur Non USM adalah n x Rp 1.000.000,- dengan n = 2,3,4,…dst

b. SDP2 bagi jalur USM adalah n x Rp 1.000.000,- dengan n = 15, 16, 17, …dst

4) TA (Tugas Akhir). Biaya TA Rp 1.000.000,- dan dibayarkan nanti pada saat melakukan sidang TA yaitu pada tahun ke empat (menjelang lulus).

· Cara Pendaftaran

Untuk melakukan pendaftaran guna mengikuti tes masuk di STISI Telkom (beberapa Jalur SMBB Telkom) maka silahkan klik www.smbbtelkom.ac.id/reg .

29 November 2010

S1 Kriya Tektil dan Mode

Mendidik Calon Entrepreneur Desainer ahli Tekstil & Fesyen

Kagak ade matinye! Demikian guys, geliat dunia industri tekstil di Indonesia meski dihajar krisis keuangan global setahun belakangan. Kamu lihat saja dech, perputaran ekonomi di sektor ini terus moncer digerakkan berbagai sentra industri tekstil kelas bawah hingga gedongan yang tumbuh bak jamur di musim hujan.

Orientasinya Dunia Mode
Peluang usaha sektor fesyen memang menjanjikan. Data Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025 Departemen Perdagangan RI yang dilansir tahun 2007 memperlihatkan, industri kreatif di sektor fesyen memiliki nilai ekspor Rp 53 triliun lebih, menyerap lebih dari 2 juta tenaga kerja di lebih dari 1,2 juta perusahaan dan menyumbangkan pendapatan Rp 45 triliun.
Menyadari peluang menggiurkan itu, program studi (prodi) S-1 Kriya Tekstil dan Mode (KTM) STISI TELKOM (Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom) menawarkan buat kamu yang menggandrungi dunia rancang tekstil dan mode, sebuah pendidikan yang bersentuhan langsung dengan industri tekstil dan mode. Prodi ini didirikan tahun 1990 untuk mencetak sarjana desain Kriya Tekstil dan Mode yang profesional dan memiliki kemampuan berwirausaha di bidang industri kreatif.
Perlu kamu ketahui, keunikan dan keunggulan S-1 Kriya Tekstil dan Mode STISI TELKOM mengajarkan mahasiswa/i memiliki kecerdasan kreatif serta menguasai teori dan praktik perancangan kriya (seni) tekstil dengan orientasi dunia mode, sehingga memiliki solusi penciptaan tekstil dengan mempertimbangkan aspek fungsi, estetika, bahan, proses teknis, kecenderungan gaya hidup, dan trend mode. Hanya di prodi Kriya Tekstil dan Mode STISI TELKOM pula, kamu akan dibekali wawasan dan keahlian di bidang Fashion Design and Business, Textile Craft and Accessories, Textile for Interior.

Peluang Karier & Bisnisnya Terbuka Lebar
Dengan kapasitas ilmu dan bekal wirausaha yang cukup, lulusan S-1 Kriya Tekstil dan Mode STISI TELKOM bisa berkarir di banyak bidang selain di dunia fesyen sebagai fashion designer yang selama ini umum dikenal masyarakat. Di antaranya fashion stylist / illustrator / consultant / coordinator / editor / journalist / merchandiser / marketer dan photographer. Juga bisa menjadi desainer aksesoris dan tekstil, manajer butik dan retail store, visual display artist di factory outlet, clothing, dan distro, pengajar, konsultan Colour dan Style, pengelola majalah mode, dan profesi lainnya. So, kamu tinggal pilih profesi mana yang lebih kena di hati.

Meraih Banyak Prestasi Nasional & Internasional
Secara rutin Mahasiswa/i STISI TELKOM Program Studi Kriya Tekstil dan Mode menyelenggarakan Fashion Show Tahunan di hotel dan mall sebagai bukti nyata kreasi dan eksibisi Portfolio Karya Desainnya yang merupakan tugas wajib, dimana pelaksanaannya berkolaborasi dengan program studi lainnya seperti Desain Komunikasi Visual untuk strategi promosi, Desain Interior untuk stage design (tata panggung) dan lighting system, Desain Produk sebagai sinergi desain pelengkap fesyen dan asesoris, serta Seni Rupa Murni untuk melengkapi elemen estetis dan dekorasi panggung. Selain itu, berbagai prestasi di bidang fesyen baik tingkat nasional maupun internasional berhasil diraih mahasiswa dan lulusan S-1 Kriya Tekstil dan Mode STISI TELKOM. Selama 2 tahun berturut-turut yakni di tahun 2004 dan 2005, dua karya mahasiswi S-1 Kriya Tekstil dan Mode STISI TELKOM menjadi Juara Rancang Busana Majalah Dewi dan berhak mewakili Indonesia di ajang desainer muda Concours International des Jenes de Mode et de Bijoux di Paris, Perancis.
Menyusul, Juara I Lomba Busana Kulit (2006), Juara I Lomba Desain Produk Kulit dan Cinderamata Khas Daerah Kategori Produk Garmen dari Kementrian Koperasi dan UKM (2007), 6 Alumni dan Mahasiswa masuk dalam 10 dan 25 Besar Lomba Perancang Mode (LPM) Femina (2007), Finalis Gading Young Designers Award (GYDA) tahun 2008, Juara I dan II serta Finalis kategori di berbagai kategori pada Jogja Fashion Week pada Pagelaran Keraton Jogjakarta (2008), 10 Finalis as a honorable mention “Yummy Katsura Award Contest 2009” Japan.
Sederet prestasi membanggakan tersebut sangatlah pantas menjadi bahan pertimbangan untuk menjatuhkan pilihan pada prodi S-1 Kriya Tekstil dan Mode STISI TELKOM sebagai tempat kamu menimba ilmu.

SERAT Perketat Ikatan

Untuk memperkuat ikatan dan jaringan di antara mahasiswanya, prodi S-1 Kriya Tekstil dan Mode STISI TELKOM membentuk SERAT (Serangkaian Anak Tekstil). Dalam wadah ini, berbagai aktivitas yang berkaitan dengan kuliah dan perkembangan ilmu tekstil dan fesyen, informasi kerja, peluang kerja, kompetisi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar